Tubuh Kita

on Sabtu, 27 Oktober 2012
                         JARINGAN RAKSASA YANG  MENGELILINGI TUBUH KITA


Pernahkah kalian bertanya pada diri sendiri tentang hal-hal berikut ini?
-          Apakah saya harus bernafas sekarang?
-          Cukupkah darah yang dipompa oleh jantung saya?
-          Sel dan bagian tubuh saya  yang manakah yang memerlukan energi dalam jumlah banyak?
-          Kapan perut saya mulai mencerna makanan yang telah saya makan?
-          Apakah cahaya yang memasuki mata saya telah pas jumlahnya?
-          Otot-otot yang manakah yang harus saya kerutkan untuk menggerakkan tangan saya?
Pertanyaan-pertanyaan ini terdengar aneh, bukan? Ini karena kita tidak pernah bertanya pada diri kita seperti itu. Bahkan, sebagian besar kita tidak pernah menyadari terus berlangsungnya proses-proses yang disebutkan dalam pertanyaan itu. Tubuh kita melakukan seluruh proses tersebut secara otomatis. Dan tubuh kita menggunakan jaringan syaraf untuk melakukannya. Jaringan ini terbentuk oleh persatuan triliunan sel syaraf, yang bisa kalian lihat di halaman-halaman buku ini. Kita dapat membandingkan jaringan syaraf ini, yang mencapai segala sudut tubuh kita, dengan jalan raya, seperti yang terlihat di gambar. Berkat jaringan ini, sel-sel di otak kita terhubung dengan sel otot di kaki kita, dan seluruh sel tubuh berkomunikasi satu sama lain.

 untuk lebih jelasnya silahkan Download

0 komentar:

Posting Komentar

Saya berharap para pembaca untuk memberikan kritik,saran dan masukannya.

yudha trenggana. Diberdayakan oleh Blogger.