Allan M. Cormack

on Minggu, 18 November 2012


Allan M. Cormack
Lahir : 23 February 1924, Johannesburg, South Africa
Meninggal : 7 May 1998, Winchester, MA, USA
Pendidikan :Belajar Teknik Elektro dan Fisika di Universitas Cape Town, Cape Town. Ia adalah mahasiswa riset di Universitas Cambridge, Inggris. Pada tahun 1956 pindahlah ia ke Amerika Serikat dan dinaturalisasikan sebagai warganegara AS, menjadi staf pengajar di Universitas Tufts, Medford, Massachusetts.
Affiliation at the time of the award:Tufts University, Medford, MA, USA
Prize motivation: "for the development of computer assisted tomography"
Autobiografi
Orang tua saya pergi dari utara Skotlandia ke Afrika Selatan tidak lama sebelum Perang Dunia I. Ibu saya pernah menjadi guru dan ayah saya adalah seorang insinyur dengan Kantor Pos. Saya lahir di Johannesburg tahun 1924, bungsu dari tiga anak. Keluarga saya pindah di seluruh negeri cukup banyak, seperti yang dilakukan keluarga banyak pegawai negeri sipil, tapi setelah kematian ayah saya pada tahun 1936 kami menetap di Cape Town. Di sana saya menghadiri Sekolah Rondebosch Boys High dan kepentingan saya di luar pekerjaan akademis saya berdebat, tenis, dan pada tingkat lebih rendah, bertindak. Saya menjadi sangat tertarik pada astronomi dan melahap karya-karya populer astronom seperti Sir Arthur Eddington dan Sir James Jeans, dari mana saya belajar bahwa pengetahuan matematika dan fisika adalah penting untuk mengejar astronomi. Hal ini meningkatkan kesukaan saya untuk mata pelajaran.
Pada saat itu prospek untuk mencari nafkah sebagai seorang astronom yang tidak baik, sehingga pergi ke University of Cape Town, saya mengikuti jejak ayah saya dan saudara dan mulai mempelajari teknik listrik. Saya beruntung bahwa kurikulum teknik baru yang baru saja diperkenalkan oleh Kepala maka Departemen Teknik Elektro, Profesor BL Goodlet. Sementara melayani dengan Mountbatten di Timur Jauh ia melihat nilai untuk rekayasa dari landasan yang lebih baik dalam fisika dan matematika dari sebelumnya pernah terjadi, dan kurikulum baru mengandung banyak fisika dan matematika. Setelah beberapa tahun saya meninggalkan teknik dan beralih ke fisika. Di Universitas Cape Town saya menghabiskan sebagian besar waktu luang saya mountaineering baik di Table Mountain yang hampir halaman belakang kami, atau di pegunungan yang indah dari provinsi Western Cape, dan apa waktu luang tidak dihabiskan untuk mendaki dihabiskan mendengarkan musik.
Setelah menyelesaikan Sarjana saya dan gelar Master di Cape Town saya pergi ke College St John, Cambridge, sebagai Mahasiswa Riset. Saya bekerja di Laboratorium Cavendish di bawah Prof Otto Frisch pada masalah yang berhubungan dengan He6. Sementara saya membuat beberapa kemajuan pada masalah ini saya tidak menyelesaikan mereka karena keadaan berikut. Saya telah bertemu dengan seorang gadis Amerika, Barbara Seavey, dalam kuliah Dirac pada mekanika kuantum, dan satu setengah tahun kemudian aku ingin menikahinya, tapi aku pecah. Sebuah penyelidikan di Departemen Fisika di Cape Town menimbulkan tidak hanya informasi bahwa ada kekosongan di sana, tetapi juga telegram menawarkan saya posisi sebagai Dosen. Jadi pada tahun 1950 saya kembali ke Cape Town dengan pengantin tapi siklotron tidak ada, sehingga tidak ada pekerjaan lebih lanjut pada He6.
Bekerja pada fisika nuklir di Cape Town kesepian karena ada fisikawan nuklir sangat sedikit di negeri ini, dan yang terdekat adalah enam ratus mil jauhnya. Namun Profesor James RW, kepala Departemen Fisika dan mentor saya sebagai mahasiswa, memberi saya kepala saya dan saya belajar banyak dan menerbitkan beberapa dokumen. Pada tahun 1956 Saya kebetulan menjadi tertarik pada masalah yang sekarang dikenal sebagai CAT-scan, tapi cerita yang akan diceritakan di tempat lain dalam buku ini.
Cuti pertama Sabbatical saya tampaknya hanya masuk akal bahwa sejak istri saya telah rela datang ke belantara Afrika dengan saya bahwa saya harus pergi ke belantara Amerika dengannya. Selain Amerika Serikat adalah tempat yang sangat baik untuk melakukan penelitian, dan Harvard adalah tempat yang sangat baik untuk berada di, jadi aku menghabiskan Sabbatical saya di siklotron Harvard melakukan percobaan pada nukleon-nukleon hamburan dengan Profesor Norman Ransey dan Richard Wilson dan kemudian lulus mahasiswa Joseph Palmieri. Ini adalah awal dari sebuah hubungan yang panjang dan senang dengan orang-orang di Cyclotron Harvard di antara yang saya harus menyebutkan sangat Direktur yang sekarang, Andreas Koehler.
Sementara pada cuti Sabbatical saya ditawari posisi di Tufts University oleh Ketua maka Departemen Fisika, Profesor Julian K. Knipp. Saya menerima tawaran itu dan, kecuali untuk kembali singkat ke Afrika Selatan dan beberapa daun Sabat, saya telah ada sejak, maju menaiki tangga akademis dan menjadi Ketua Departemen Fisika 1968-1976. Perhatian utama saya untuk sebagian besar kali ini adalah dalam fisika nuklir dan partikel dan saya mengejar masalah CT-scan hanya sesekali, ketika waktu mengizinkan. Pada tahun 1963 dan 1964 saya menerbitkan hasil karya ini, tetapi karena ada hampir tidak ada respon saya terus normal saya penelitian dan pengajaran. Pada periode 1970-1972, saya menjadi sadar dari sejumlah perkembangan, atau terkait dengan CT-scan, dan sejak itu saya telah mencurahkan banyak waktu saya untuk masalah ini.
Selain kolam kecil dan berlayar di musim panas, saya menjalani kehidupan yang agak menetap, menghabiskan banyak waktu untuk membaca. Sejak diskusi pertama saya masalah ekologi dengan John Day Profesor sekitar tahun 1950 dan sejak membaca Konrad Lorenz "Cincin Raja Salomo", saya menjadi semakin tertarik dalam studi hewan untuk apa yang mereka bisa mengajarkan kita tentang manusia, dan studi tentang manusia sebagai hewan. Saya telah menjadi semakin kecewa dengan apa yang para pemikir Zaman disebut Pencerahan memberitahu kita tentang sifat manusia, dan dengan apa yang agama-agama formal dan ahli teori politik doktriner memberitahu kita tentang subjek yang sama. Saya baru saja membaca buku Edward Wilson "On Human Nature", dan setelah dua bulan sibuk hidupku berpuncak pada Minggu Nobel, saya berharap untuk mengatasi nya "Sosiobiologi".
Istri saya dan saya memiliki tiga anak - Margaret, Jean dan Robert. Sejak tahun 1957 kami telah tinggal di kota Winchester, Mass yang saya menghargai untuk masih diatur oleh Inggris bahwa percobaan yang unik Baru dalam demokrasi: Rapat Town (terbatas) dan Dewan Selectmen. Kami menikmati fasilitas New England, khususnya musim panas dekat, dalam, dan di Danau Winnepesaukee, New Hampshire.


0 komentar:

Posting Komentar

Saya berharap para pembaca untuk memberikan kritik,saran dan masukannya.

yudha trenggana. Diberdayakan oleh Blogger.